Menguruskan Badan Saat Puasa

+1 Share

Badan yang kurus memang menjadi harapan setiap orang, apalagi bagi sebagian kaum hawa. Karena penampilan fisik membuat makin pede, tentu agar pasangan tetap setia dengan isteri sahnya. Bukan untuk yang lain. He…

Badan kurus buat apa sih? Kan yang penting sehat? Ungkapan ini sebenarnya tidak tepat. Karena ciri penyakit itu, salah satunya adalah kelebihan berat badan. Sehingga menguruskan badan adalah salah satu cara yang bijak agar lebih sehat lagi dan lagi.

Bulan puasa bukan berarti kita tidak memperhatikan kesehatan. Karena tujuan puasa salah satunya adalah supaya kita sehat. Maka, tentu adalah suatu hal yang kurang tepat jika saat puasa kita tidak memperhatikan kesehatan. Bagaimana sih cara menguruskan badan saat puasa?

Artikel berikut ini akan mengupas tuntas habis tentang efek puasa yang bisa membuat Anda langsing, perut buncit pun sudah tinggal kenangan, gelambir di lingkat perut pun sudah dada babai. Penasaran kan? Baca yuk!

Menguruskan Badan Saat Puasa

Cara Simpel Menguruskan Badan Saat Puasa

Tips ini pernah kami tulis juga di makanan buka puasa yang sehat (klik), meski tidak berhubungan langsung, beberapa tips lebih lengkap ada disana. Hal pertama yang perlu kita garis bawahi, bahwa puasa itu merupakan perintah suci dalam Al Qur’an. Bahkan agama islam menempatkan sebagai rukun islam yang ke tiga. Sehingga hal pertama yang perlu kita benamkan dalam hati ketika puasa adalah untuk mencari ridho Allah.

Karena berapapa ulama berpendapat, amalan itu tergantung niatnya. Kalo puasa niatnya mau kurus, ya kita cuma dapat kurusnya aja, gak dapat pahala. Tetapi jika kita niatkan mencari ridho Allah Subhanahuwata’la, makan pahala insya Allah dapat, dan dapat bonus sehat juga, dapat bonus jadi kurus juga. enak kan?

Adapun kalau efeknya kita jadi makin sehat, akibatnya kita jadi kurus. Maka ini adalah bonus, yang tentu sangat menggembirakan ketika kita hidup di dunia. Kami tidak membahas masalah dari sisi agama disini, tapi dari sisi bonus ini aja. Badan jadi kurus ketika puasa.

Berbagai caranya salah satunya adalah dengan rajin berolah raga saat puasa. Tentu tidak sembarang olahraga, ada ketentuan tentang jenis olah raganya apa saja, kemudian waktu untuk berolahraga nya juga sudah diatur. Hal ini menurut pakar kesehatan modern yang sudah terbukti. Apa aja itu?

Trik Menguruskan Badan Saat Puasa Agar Perut Tidak Buncit & Penghilang Gelambir

  1. Berolah ragalah di waktu yang tepat. Pertama adalah olahraga di malam hari, hal ini karena olahraga cukup menguras energi. Pada malam hari, kita bisa bebas memilih olahrga apapun, bahkan sampe dehidrasi pun gak masalah, tinggal minum aja kan. Oiya trik lengkap mengenai olahraga saat puasa ada disini, baca aja. Lebih mendalam tapi simpel bahasannya.
  2. Selain di malam hari, kita bisa memilih aktivitas fisik ringan di waktu puasa. Waktu yang tepat adalah setelah sholat subuh dan menjelang buka puasa. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah yang jenis ringan ringan saja, misalnya treadmill, senam, jogging, lari pagi dll.
  3. Memilih menu makanan juga salah satu trik menguruskan badan saat puasa. Yang terpenting adalah tidak kalap ketika buka puasa, karena kalo kalap semua aja bisa dilahap. Sehingga percuma saja puasa kalo buka puasa yang dimakan gak karuan
  4. Pilihlah menu makanan yang tepat, pembatal puasa sangat dianjurkan makan buah kurma dan air putih. Begitu pula saat sahur.
  5. Makanlah sayur mayur dan buah buahan
  6. Mengkonsumsi protein rendah lemak juga salah satu tips agar puasa tetap kuat di siang hari.

Demikianlah artikel kami tentang tips menguruskan berat badan saat puasa. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca serta memberikan pahala bagi penulis, Amin.

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

+1 Share

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, waktu ini sering dimanfaatkan orang untuk meningkatkan upaya untuk lebih sehat. Akan menjadikan kita tambah sehat serta membuat fisik kita kuat menahan diri agar bisa merasakan penderitaan orang lain.

Selain usaha yang bagus untuk meningkatkan rasa peduli akan orang lain, puasa juga bisa menjadikan kita lebih sehat. Terutama bagi Anda yang sedang menderita sakit maag, puasa sangat dianjurkan. Banyak kasus orang sakit maag, setelah puasa jadi sembuh sakitnya dan gak kambuh lagi.

Nah pada artikel kali ini, kami akan menguraikan tip sehat di bulan ramadhan. Kiat ini kami ungkap karena banyak diantara kita yang ketika memasuki bulan puasa malah malas malasan akibatnya ibadah pun jadi gak semangat dan badan malah sakit. Simak tips berikut ini biar fresh di siang hari, yuk!

Tips Sehat di Bulan Ramadhan Agar Fres & Ceria di Siang Hari

Ulasan ini berhubungan dengan tulisan kami tentang makanan buka puasa yang sehat (klik aja), selain itu disini akan diuraikan pendapat dari para ahli tentang tips agar kita kuat menahan rasa lapar di siang hari di bulan puasa. Serta bagaimana cara agar fisik tetap ceria meskipun rasa dahaga di tenggorokan di siang bolong.

  1. Mengatur pola makan ketika buka puasa, pilih pembatal yang baik seperti kurma dan air putih.
  2. Sahurlah di akhir waktu, hal ini akan membuat fisik lebih kuat
  3. Olahraga bisa tetap dilakukan, akan lebih baik jika dilakukan di malam hari
  4. Bisa juga olahraga ringan seperti joging sebentar sesaat sebelum berbuka
  5. Tidurlah meskipun sejenak di siang hari, agar badan tetap fresh
  6. Kalau perlu mandi di siang hari atau sekedar membasuh rambut juga bagus dilakukan

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Pilihlah makanan yang menyehatkan, jangan terlalu banyak makan apalagi saat awal awal berbuka puasa. Terlalu kalap sehingga semua di makan tidak bagus bagi tubuh, karena malah jadi lemas. Bukannya bugar.

Yang paling penting lagi tanamkan dalam sanubari tentang mindset puasa yang sesuai dengan ajaran agama. Bahwa tujuan puasa ini adalah perintah suci yang memiliki imbalan yang sangat besar sekali disisi-Nya. Dengan mindset ini, maka beratnya puasa akan terasa ringan dilalui.

Kumpulan Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Di siang hari tips yang wajib Anda lakukan adalah menghindari pancaran sinar matahari langsung, karena hal ini bisa membuat dehidrasi. Kurangi aktivitas fisik di siang hari ini bisa Anda ganti dengan istirahar siang setelah sholat dhuhur.

Info lebih lengkap tentang cara olahraga saat puasa ada di link ini ya, silahkan diklik saja. Pembahasan lengkap banget, bahkan disertai pendapat para ahli dibidang kesehatan juga.

Di sore hari menjelas buka, jika kuat Anda boleh olahraga ringan seperti treadmill atau naik turun tangga sejenak. Hal ini agar, ketika pas capek dan langsung berbuka, sebagian asupan nutrisi yang masuk ke tubuh langsung di cerna tubuh. Sehingga tidak menjadi lemak pada tubuh.

Memilih makanan yang dikonsumsi, selektiflah dalam menyantap buka dan sahur. Pilih protein yang rendah lemak. Kemudian jangan terlalu manis dalam minum saat buka puasa. Cukup makan buah kurma sudah bagus sekali.

Sayur dan buah buahan adalah makanan wajib Anda konsumsi ketika buka atau pun sahur. Menghindari lemak yang berlebihan, akan membuat tubuh lebih kuat dalam beraktivitas seharian. Protein rendah lemak juga menjadikan cadangan energi pada tubuh lebih banyak.

Demikian artikel kali ini tentang tips sehat di bulan ramadhan, semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca serta mendapatkan pahala disisi-Nya karena kami niatkan menulis ini agar mendapat ridho-Nya. Amin.

Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

+1 Share

Bagi Anda yang menginginkan turun beratnya saat puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi saat bulan puasa adalah waktu yang tepat bagi kita untuk lebih sehat, salah satunya ya dengan turunin berat kita.

Mindset ingin turun berat badan, sebenarnya perlu kita luruskan. Kenapa? Karena puasa adalah perintah agama yang suci, tujuannya jelas yaitu untuk mencari pahala. Sehingga tujuan inti inilah yang perlu kita tanamankan di sanubari kita, bukan yang lain.

Lalu kalau kita ingin turun berat badan apa boleh? Jawabannya bisa ditanyatakan ke Ustadz atau ulama sih. Disini kita tidak membahas kesana, karena bertanya ke orang berilmu tentu selain lebih kuat hujjahnya, bertanya doang aja itu sudah mendapatkan pahala.

Nah, pada saat artikel ini ditulis, kami hanya memberikan tips ringan dan gampang dipraktekkan agar selama bulan puasa kita bisa turun juga berat badannya. Kami tidak mengurusi masalah niat nya seperti, karena itu bukan domain kami. Berikut ini adalah tips olahraga saat puasa, Baca yuk !

Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Apa sih Jenis Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan?

Perut buncit menjadi salah satu masalah bagi sebagian orang, dengan mengetahui tips olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan, hal ini menjadikan kita lebih aware untuk menjaga pola hidup yang ideal, tetap sehat dan fresh sepanjang hari, meskipun tidak ada asupan makanan dan minuman di siang hari.

  1. Bisa melakukan renang
  2. Berjalan santai sehabis sahur
  3. Treadmill menjelang buka puasa
  4. Bersepeda santai di pagi atau sore mau malam
  5. Bowling di siang hati jika kuat
  6. Naik turun tangga di rumah sesaat sebelum buka

Prinsip ketika berolah raga adalah jangan sampai dehidrasi, oleh karena itu ada trik simpel agar tetap olahraga tetapi badan jadi kurus juga, yaitu lakukan malam hari jika ingin mengeluarkan keringat. Karena dengan keringat keluar, lemak ikut keluar.

Olahraga di malam hari gak dilarang kok, temen-temen bisa lakukan setelah sholat trawih. Hal ini tentu bisa dilakukan di rumah, karena jam setelah tarwih banyak fasilitas olahraga publik yang tutup. Bisa lari di tempat, bisa memukul bantal, bisa push up, sit up dan lain sebagainya.

Trik berikutnya adalah tetap melakukan olahraga disaat sedang berpuasa, ada 2 waktu yang dianjurkan. Yaitu sehabis sahur, dan sesaat sebelum buka puasa. 2 (dua) waktu ini cocok banget, tetapi perlu digarisbawahi harus jenis olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan keringat.

Tipe Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan Hilangkan Perut Buncit dan Gelambir

Artikel ini berkaitan banget dengan tulisan kami tentang makanan buka puasa yang sehat, disana dibahas tentang cara agar badan bisa turun langsing di saat puasa, termasuk tips mengkonsumsi makanan saat buka dan sahur.

Beberapa tipe olahraga saat bulan ramadan memang bagus untuk mengempesin perut buncit, apalagi menurunkan berat badan. Penelitian di Sfax University dan CHU Habib Bourguiba (Tunisia) menunjukkan dengan berolah raga saat shau, badan jadi sehat dan kuat.

Tetapi tipe olah raga tidak bisa sembarangan, apalagi jika dilakukan di siang hari, memang belum ada kasus parah orang olahraga sampai fatal, buktinya para atlit tetep puasa dan tetap beraktivitas normal. Para pahlawan tetap puasa dan berjuang, kita lihat 17 Agustus 1945 adalah pas puasa.

Jenis olahraga yang cocok adalah treadmill, bersepeda dan bowling. Ini sangat cocok dilakukan, karena termasuk ringan dan tidak mengakibatkan keluar keringat dan efek dehidrasi juga tidak muncul.

Demikian artikel kami tentang olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga shaum dan ibadah di bulan ramadhannya diterima Allah subhanahu wata’ala.

Makanan Buka Puasa yang Sehat

+1 Share

Berpuasa memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, baik secara ilmiah maupun agama sudah membuktikannya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips ringan mulai dari tujuan puasa dan manfaatnya, dilanjut dengan tips tetap bugar beraktivitas saat ramadan hingga menu resep pilihan yang cocok untuk dimakan saat buka sampai sahur juga. Langsung dari ahlinya, yuk baca!

Tujuan Puasa

Dari sisi agama, puasa memiliki tujuan agar manusia tambah bertaqwa. Tapi disisi lain, efek kesehatan yang diterima bagi umat muslim ternyata sangat banyak sekali. Hal inilah yang membuat, umat beragama lain pun memiliki keinginan berpuasa juga.

Seperti seorang ahli peneliti di National Institute on Aging. “Ketika otak dibatasi asupan energinya, ada aktivitas sampingan yang terjadi, yakni ada sel-sel melindunginya dari kerusakan, seperti stroke dan penuaan”.  Sering kita dengar aktivitas berpuasa/diet dilakukan oleh non muslim, karena ingin merasakan nikmat sehat berpuasa.

Manfaat Puasa Ramadhan

Benjamin Franklin berkata “Untuk mendapatkan umur panjang, makanlah lebih sedikit.” Ini adalah pendapat seorang ahli yang non muslim. Tentu beliau sudah mempraktekkannya. Bagaimana dengan ajaran Islam? Puasa ramadhan memiliki manfaat yang luar biasa, hal ini seperti dalam janji Allah Subhanahu wata’ala.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Manfaat menjadi orang bertaqwa tentu adalah hal yang paling kita dambakan, karena dengan ini pula kita bisa mengharapkan ridho-Nya dan memperoleh ganjaran surga-Nya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan melihat dari sisi kesehatan ya. Ada banyak teori di negeri barat yang mengabarkan tentang manfaat shaum untuk kesehatan.

Kita tentu tahu, para atlit profesional mengenal istilah intermittent fasting (IF) untuk membuat lebih bugar, ada metode diet ketofastosis untuk memperoleh hidup lebih sehat, diet OCD juga terkenal di Indonesia sebagai cara hidup lebih sehat.

Berikut ini adalah manfaat luar baisa menjalani puasa bagi kesehatan terutama untuk pengobatan sakit, yang bagus banget jika menjalani puasa. Penyakit apa saja itu? Yaitu sebagai berikut:

  • Mengontrol penyakit maag
  • Kegemukan, kencing manis, kolesterol, tekanan darah tinggi dan asam urat akan lebih terkendali
  • Membantu memperbaiki penyakit persendian, seperti pengapuran (osteoporosis)

Tips Agar Fresh Selalu Sehat Saat Puasa

  1. Sahur di akhir waktu, mendekati waktu selesai batas sahur. Terlalu dini tentu membuat asupan energinya tidak bisa menjangkau kalori yang dibutuhkan di siang hari.
  2. Makan porsi normal,
  3. Fokus ke karbohidrat, protein dan sayur serta buah-buahan,
  4. Minum 3 sd 5 gelas saat sahur, hindari kopi dan teh
  5. Minum susu di akhir sebelum berakhir sahur
  6. Hindari pancaran sinar matahari panas di siang hari
  7. Tidur siang sehabis sholat dhuhur
  8. Di sore hari, luangkan waktu untuk olahraga ringan
  9. Awali buka puasa dengan makanan manis dan porsi kecil
  10. Kurangi makanan gorengan dan makanan pedas yang berlebihan
  11. Minum setidaknya 5 gelas air sebelum tidur

Menu Buka Puasa yang Sehat

Pakar diet dari Rumah Sakit Tuanku Jaafar Seremban, Dr. Basmawati Baharom, mengatakan puasa dapat membantu meningkakan kekebalan tubuh dan mengatasi kecanduan. Hal ini tentu mesti dibarengi dengan menu yang tepat saat berbuka puasa.

Menu apa saja sih yang cocok? Berikut adalah menu yang recomended untuk disantap, pilihan sehat bagi Anda yang ingin kuat seharian menahan lapar dan dahaga di esok hari. Inilah menunya sebagai berikut:

  • Kolak
  • Kurma
  • Air kelapa
  • Sup

Menu buka puasa hari ini

Menu Buka Puasa Hari Ini, Maskaan yang Recomended Karena Menyehatkan

  1. Teh manis dan kurma
  2. Kolak biji salak
  3. Es kelapa muda
  4. Sayur bayam
  5. Capcay kuah
  6. Sup ayam
  7. Sayur lodeh
  8. Opor ayam
  9. Sop ikan
  10. Sapo tahu
  11. Bubur Sumsum

Jon Haas, pakar pelatih kebugaran dari New Jersey Amerika serikat mengatakan orang yang berpuasa merasa lebih bisa mengendalikan tubuhnya, dan secara mental menjadi lebih kuat. Dan memang seperti inilah tubuh kita dirancang.

Makanan yang Cocok untuk Buka Puasa

Prinsip menu makanan yang cocok mendekati ideal ketika memilih resep untuk dihidangkan pada saat buka puasa, berdasarkan para ahli kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Awali dengan makanan dengan porsi kecil dulu dan minuman manis
  2. Jangan langsung makan besar, karena tubuh akan kaget dan membuat kembung akibatnya malah lemas
  3. Beri waktu minimal 20 menit setelah menu awal saat mulai berbuka / menu pembatal puasa
  4. Gorengan dan makanan yang pedas tidak boleh berlebihan, karena tidak bagus untuk perut yang habis kosong seharian
  5. Usahakan untuk minum setidaknya 5 (lima) gelas sebelum tidur.

menu buka puasa yang sehat

Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa

  1. Air putih
  2. Air kelapa
  3. Air mentimun
  4. Jerup peras
  5. Jus semangka
  6. Minuman Yoghurt
  7. Air lemon
  8. Kolak
  9. Teh hangat (porsi kecil)
  10. Sirup (porsi kecil)

Saat puasa adalah waktu yang tepat untuk menyehatkan badan, Jon Haas ahli pelatih kebugaran dari New Jersey USA menyebutkan beberapa orang tidak hanya memperoleh manfaat lewat pembakaran lemak yang tinggi, namun juga merasa lebih nyaman dan lebih kuat ketika terbiasa berpuasa.

Minuman untuk Buka Puasa

Prinsip minuman saat buka puasa adalah yang bisa mencegah dehidrasi, tentu jawaban yang paling tepat adalah air putih. Kemudian prinsip kedua yang tidak kalah penting adalah cukup untuk kebutuhan kita dalam beraktivitas.

Para pakar kesehatan sepakat dosis yang sehat minuman dalam sehari adalah 8 gelas. Dimana pembagiannya adalah 5 gelas sebelum tidur malam, dan 3 gelas saat sahur. Penjelasan lebih detailnya bisa seperti ini:

  1. Satu gelas saat adzan maghrib dikumandangkan, bisa juga diminum pelan-pelan sambil mengunyah makanan pembatal puasa seperti kurma
  2. Satu gelas lagi boleh sebelum sholat maghrib (opsional)
  3. Setelah jarak 20 menit, atau setelah sholat maghrib Anda bisa makan besar dengan porsi cukup dan minum minimal 2 (dua) gelas
  4. Sehabis sholat terawih, Anda bisa minum lagi 1 sd 2 gelas.
  5. Sebelum tidur, Anda bisa minum 1 gelas lagi.

makanan buka puasa yang sehat

Makanan Buka Puasa yang Sehat

Makanan untuk berbuka puasa apa aja yang sehat? Beriutk kami rinci dengan gamblang seperti berikut ini:

  • Minum air putih saat berbuka
  • Awali dengan mengkonsumsi buah kurma
  • Semangkuk sup sangat baik untuk vitalitas tubuh
  • Jangan lupa sayuran
  • Varisai karbo yang sehat selain nasi adalah: beras merah, gandum atau roti dan kentang
  • Konsumsi protein terbaik dari daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas
  • Kurangi lemak, garam dan gula

Variasi makanan ketika mengkonsumsi saat buka puasa sangat dianjurkan, selain selera agar tidak bosan. Hal ini juga bagus untuk pencernaan perut, agar kebutuhan gizi seimbang terpenuhi. Sehingga badan jadi lebih sehat.

Hal yang sangat dianjurkan adalah tidak kalap saat berbuka puasa, karena paling nikmat saat menjalankan ibadah shaum ini adalah saat-saat buka puasa. Sehingga pilihan menu yang tepat menjadi awal untuk pola hidup yang lebih sehat lagi.

Olahraga Saat Puasa (Panduan Lengkap)

+1 Share

Sebagian orang menganggap, puasa adalah sesuatu yang berat, meskipun hanya terbesit dalam hati, biasanya akan langsung padam dengan segudang manfaatnya. Dalam berbagai penemuan ilmiah di bidang kedokteran, banyak sekali jurnal yang menerangkan bahwa puasa itu menyehatkan. Simak artikel dibawah ini untuk fakta ilmiahnya.

Asal kata puasa berasal dari arab yaitu Shaum, bagi umat muslim melakukan ibadah shaum adalah kewajiban karena pada bulan ramadhan ada perintah dari Allah Subhanahuwata’ala untuk menjalankan rukun islam ketiga ini dengan kuat dan penuh keikhlasan.

olahraga saat puasa

Tips Olahraga Saat Puasa

  1. Lakukan olahrga di tempat yang sejuk, tidak terlalu panas
  2. Hindari melakukan aktivitas olahraga di saat sebelum tidur
  3. Olahraga bulan pasa sangat beraneka ragam.  Berikut pilihan yang bisa jadi referensi Anda untuk melakukan puasa adalah sebagai berikut:
    • Berenang
    • Berjalan santai
    • Treadmill
    • Yoga
    • Tai chi
    • Bersepeda
    • Bowling
    • Naik turun tangga
  4. Barengi dengan mengkonsumsi makanan yang tepat
  5. Minum cairan yang cukup saat malam hari untuk menghindari dehidrasi

Dengan dampak positif yang diberikan, olahraga rutin selama bulan puasa adalah baik bagi kesehatan. Namun, agar olahraga tidak mengganggu ibadah puasa kita, hal-hal ini perlu dipertimbangkan sebelum kita melakukan olahraga.

Sebelum berolahraga pastikan anda kuat secara fisik. Tips kuat puasa bisa juga dengan berolahraga juga, asal dilakukan sesuai dengan pola hidup sehat yang tepat. Nah kapan sih waktu yang tepat untuk olahraga? Berikut adalah pendapat dari dokter ahli langsung.

Ahli ini bernama dr. Saptawati Bardosono, beliau mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Hal ini tepat sekali, karena dalam ilmu kesehatan, setelah olahraga, asupan makanan yang masuk akan lebih efektif di serap oleh tubuh untuk dijadikan energi yang bagus.

Tipe olahraga yang perlu dilakukan apa saja? Beberapa ahli juga berpendapat ini tergantung kebiasaan kita saja. Kalau kita terbiasa olahraga senam atau lari pagi misalnya, maka lakukan olahraga tersebut dibulan puasa juga. Hal ini membuat fisik kita tidak kaget, hindari aktivitas yang tidak biasa kita lakukan di saat tidak puasa.

Ada beberapa pendapat yang tidak boleh dilakukan saat puasa salah satunya adalah olahraga, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena kita lihat sendiri banyak atlit muslim yang tetap bertanding di bulan puasa. Di sejarah, 17 agustus 1945 terjadi di bulan puasa. Perang badr di zaman nabi juga terjadi di bulan puasa.

Berenang Saat Puasa

Asal tidak berlebihan tidak mengapa kita berpuasa, lalu olahraga jenis apa yang dianjurkan ya. Bagaimana dengan berenang apakah tidak mengapa? Kita lihat dulu dari 2 sisi ya, pertama dari sisi agama, yang kedua dilihat dari sudut pandang kesehatan.

Apakah berenang membatalkan puasa? Jawaban dari ahli fiqih adalah tidak membatalkan. Kenapa karena, pertama kita tidak niat minum air. Unsur niat tidak ada ini sudah yang paling penting ya. Yang kedua, kita mesti tetap berusaha agar tidak keminum air, saya kira semua orang yang bisa berenang, sangat mudah melakukan ini. Keuali anda masih belum bisa berenang.

berenang saat puasa

Jika belum begitu bisa berenang, pilihannya adalah berenang disaat malam hari, bukan pas puasa. Hal ini adalah wujud kehati-hatian saja.

Puasa menyehatkan badan dan hati kita, selain diperintahkan oleh agama, banyak sekali penelitian yang menyebutkan menahan untuk tidak makan dan minum serta yang hal-hal yang membatalkan puasa dari pagi hingga petang dan diniatkan untuk mengharap ridho Allah Subhanahu wata’ala.

Diet di Bulan Ramadhan

Keuntungan puasa salah satunya adalah tubuh akan melakukan diet secara sehat. Mengurangi konsumsi secara berlebihan dengan tidak adanya asupan disiang hari adalah salah satu diet yang tepat dan bijak untuk kesehatan fisik dan psikis manusia.

Penelitian di  Universitas Sfax dan CHU Habib Bourguiba (Tunisia) menunjukkan bahwa aktivitas fisik memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh selama kita menjalankan ibadah puasa.

menurunkan berat badan saat puasa

Efek bagus akan hal ini terlihat dari parameter komposisi tubuh, hematologi, dan biokimia pada partisipan yang melakukan aktivitas olahraga mengalami perubahan yang lebih baik yaitu penurunan berat badan, persentase lemak tubuh berkurang, serta meningkatkan vitalitas tubuh.

Tips agar kuat puasanya adalah mengkonsumsi makanan yang tepat disaat berbuka puasa dan disaat makan sahur. Asupan glukosa pada tubuh harus efektif. Serta tidak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi protein seperti daging, telur dan ikan.

Diet saat bulan ramadhan bisa dilakukan sekalian melaksanakan kewajiban suci ini, usahakan niatkan tetap untuk menjalankan perintah agama, agar tidak merusak niat suci ini. Diet untuk kesehatan adalah efek positif yang kita dapatkan, bukan tujuan utama kita. Tujuan utama adalah mendapatkan ridho Allah subhanahu wata’ala.

Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Menguruskan badan saat puasa dapat kita jalankan dengan waktu yang tepat misal di pagi hari, maka pilihlah olahraga yang tak begitu melelahkan seperti berjalan santai atau yoga. Sedangkan bila Anda berolahraga di sore hari, Anda bisa melakukan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi lagi, seperti berenang atau bersepeda.

Dengan tips sehat di bulan ramadhan ini, makan selain mendapatkan pahala (insya Alah), maka efek lain yang kita dapat adalah olahraga bisa menurunkan berat badan kita. Tentu kita juga perlu menjaga porsi makanan saat sahur, dengan cara mengkonsumsi secukupnya, tetapi sering. Dengan batasan tempo tertentu. Jadi tidak langsung sekaligus banyak.

Manfaat olahraga saat puasa sangat banyak sekali, meskipun aktivitas ini perlu persiapan yang cukup. Seperti waktu paling pas untuk olahraga, jenis olahraga yang akan kita lakukan sampai kegiatan sebelum dan setelah berolahraga yang perlu kita perhatikan agar manfaat terbaiknya dapat kita peroleh.

apakah puasa bisa menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Hal yang dilarang saat puasa adalah meniatkan puasa untuk memperoleh nikmat duniawi semata, padahal tujuan perintah ini adalah agar kita semakin taat kepada Allah. Sehingga jikga beranggapan puasa bisa menurunkan berat badan, jawabannya adalah iya, tapi jangan niat utama itu ya.

Tips kuat berpuasa dan agar bisa mengecilkan perut buncit adalah mengkonsumsi makanan yang tepat saat buka dan sahur. Hal ini juga salah satu tips mengurangi gelambir di perut.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa adalah berolah raga yang membahayakan karena sangat berat dan tidak dianjurkan misalnya sbb:

  • Senam aerobik
  • Jogging
  • Sepak bola
  • Tenis

Cara Menambah Berat Badan Saat Puasa

Apakah puasa bisa menurunkan berat badan? Jawabannya bisa dipastikan iya. Diet bulan ramadhan bisa kita jalankan sembari menjalan kan ibadah yan suci ini. Cara cepat menurunkan berat badan saat puasa adalah dengan melakukan trik sederhana sebagai berikut:

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot, hal ini juga membuat kita kuatmenahan lapar sepanjang hari. Sehingga kita bisa fresh dan energik di esok harinya.

Strategi makanan ketika sahur adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, fungsinya untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Cara ini efektif sekali untuk badan kuat dan tidak cepat lemas ketika beraktifitas dan berolah raga.

Dengan cara ini, turun berat badan saat puasa adalah suatu keniscayaan. Tapi akan sia-sia jika setelah puasa kita tidak mengontrol pola hidup kita. Puasa sambil diet adalah trik yang tepat, karena diet sambil puasa merupakan dambaan bagi ibu-ibu dan wanita yang ingin tampil menarik dihadapan suami atau pasangan sahnya.

Hukum Puasa bagi Ibu Hamil & Menyusui, Bolehkah?

+1 Share

Apa benar ibu hamil bahaya ketika berpuasa? Boleh tidak jika sedang menyusui terus kita melakukan ibadah di bulan suci ramadan? Tulisan ini akan kami bahas langsung dari para pakar, bukan pendapat pribadi ya. Semoga tulisan tentang hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Dalil tentang Bolehkah Ibu Menyusui Ruasa Ramadhan?

Dalil dari hadist Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang membahas tentang bolehkah ibu menyusui tidak berpuasa.

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْمُسَافِرِ وَالْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ

“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh shalat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, wanita hamil dan wanita menyusui.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan)

hukum puasa bagi ibu hamil

Riwayat Hadist Nabi dari Ibnu ‘Abbas tentang Menyusui saat Hamil Menurut Islam

رخص للشيخ الكبير والعجوز الكبيرة في ذلك وهما يطيقان الصوم أن يفطرا إن شاءا ويطعما كل يوم مسكينا ولا قضاء عليهما ثم نسخ ذلك في هذه الاية : ( فمن شهد منكم الشهر فليصمه ) وثبت للشيخ الكبير والعجوز الكبيرة لذا كانا لا يطيقان الصوم والحبلى والمرضع إذا خافتا أفطرتا وأطعمتا كل يوم مسكينا

“Keringanan dalam hal ini adalah bagi orang yang tua renta dan wanita tua renta dan mereka mampu berpuasa. Mereka berdua berbuka jika mereka mau dan memberi makan kepada orang miskin setiap hari yang ditinggalkan, pada saat ini tidak ada qodho’ bagi mereka. Kemudian hal ini dihapus dengan ayat (yang artinya): “Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”. Namun hukum fidyah ini masih tetap ada bagi orang yang tua renta dan wanita tua renta jika mereka tidak mampu berpuasa. Kemudian bagi wanita hamil dan menyusui jika khawatir mendapat bahaya, maka dia boleh berbuka (tidak berpuasa) dan memberi makan orang miskin bagi setiap hari yang ditinggalkan.” (Dikeluarkan oleh Ibnul Jarud dalam Al Muntaqho dan Al Baihaqi. Lihat Irwa’ul Gholil 4/18)

Bolehkah Ibu Menyusui Puasa? dari Ibnu ‘Abbas, Nabi Bersabda:

أنت بمنزلة الكبير لا يطيق الصيام ، فأفطري وأطعمي عن كل يوم نصف صاع من حنطة

“Engkau seperti orang tua yang tidak mampu berpuasa, maka berbukalah dan berilah makan kepada orang miskin setengah sho’ gandum untuk setiap hari yang ditinggalkan.” (Diriwayatkan oleh ‘Abdur Razaq dengan sanad yang shahih)

hukum puasa bagi ibu menyusui

Pendapat Sahabat Nabi Ibnu ‘Umar tentang Hukum Puasa bagi Wanita Hamil, dari  Nafi’, beliau berkata,

كانت بنت لابن عمر تحت رجل من قريش وكانت حاملا فأصابها عطش في رمضان فأمرها إبن عمر أن تفطر وتطعم عن كل يوم مسكينا

“Putri Ibnu Umar yang menikah dengan orang Quraisy sedang hamil. Ketika berpuasa di bulan Ramadhan, dia merasa kehausan. Kemudian Ibnu ‘Umar memerintahkan putrinya tersebut untuk berbuka dan memberi makan orang miskin bagi setiap hari yang ditinggalkan.” (Lihat Irwa’ul Gholil, 4/20. Sanadnya shahih)

Dari berbagai pendapat dali diatas, artikel manfaat puasa bagi ibu hamil tentu harus kita lihat dari berbagai sisi.  Pendapat terbaik tentu yang dari Al Quran, kemudian yang kedua adalah Hadist nabi. Selanjutnya setelah itu pendapat para sahabat nabi, lalu selanjutnya pendapat tabiin, lalu pendapat pengikut tabiin (tabiut tabiin).

Silang pendapat berbagai ulama tentang hukumnya, dapat kami simpulkan sebagai berikut:

  1. Mengganti puasa dilain waktu (qadha)
  2. Membayar fidyah
  3. Mengganti puasa dan fidyah juga sekaligus

Pendapat ini berbeda-beda, kami sebagai orang awam menyerahkan apa yang dipahami ke orang pakar di bidang keilmuannya seperti ustadz, syaikh, ulama dan lain sebagainya. Pendapat ini harus diyakini, akan lebih baik jika masih ragu-ragu bisa berkonsultasi silaturahmi secara langsung.

Karena kami disini juga hanya menukil dari hadist saja, untuk masuk ke pendapat personal ulama tentu pembaca ada mengarah kemana bisa dipertajam lagi dengan bertanya offline datang ke kajian, talim di masjid atau pengajian. Disana tempat mencari ilmu yang sebenernya, karena pahala duduk di majelis ilmu tidak bisa menyamai dengan membaca tulisan kami.

Dari sisi kesehatan memang beberepa penelitian modern menyebutkan terdapat manfaat puasa bagi ibu hamil, tapi tentu tidak dari sisi sini hukum agama islam mengukur. Apakah disyariatkan, apakah ada dalil yang memerintahkan. Kalau ada, bagaimana bunyi dalilnya? Nah semua itu sudah kami cantumkan diatas. Silahkan dibaca lagi jika ingin memahami lebih dalam.

Sekali lagi, kami memang tidak menyimpulkan sesuatu. Kami akui penulis bukan ulama, sehingga hanya bisa menukil hadist yang terbukti rajih, shahih, hasan jelas-jelas langsung dari Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wassalam saja. Kami tidak berani menyebut pendapat ulama modern sama sekali.

Nah agar lebih jelas lagi berikut dalil-dalilnya ya, ada 3 hadist dari Nabi, silahkan disimak lagi:

  1. Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh shalat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, wanita hamil dan wanita menyusui
  2. Keringanan dalam hal ini adalah bagi orang yang tua renta dan wanita tua renta dan mereka mampu berpuasa. Mereka berdua berbuka jika mereka mau dan memberi makan kepada orang miskin setiap hari yang ditinggalkan, pada saat ini tidak ada qodho’ bagi mereka. Kemudian hal ini dihapus dengan ayat (yang artinya): “Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”. Namun hukum fidyah ini masih tetap ada bagi orang yang tua renta dan wanita tua renta jika mereka tidak mampu berpuasa. Kemudian bagi wanita hamil dan menyusui jika khawatir mendapat bahaya, maka dia boleh berbuka (tidak berpuasa) dan memberi makan orang miskin bagi setiap hari yang ditinggalkan.
  3. Engkau seperti orang tua yang tidak mampu berpuasa, maka berbukalah dan berilah makan kepada orang miskin setengah sho’ gandum untuk setiap hari yang ditinggalkan

Kemudian ada pendapat dai sahabat Nabi, Ibnu ‘Umar sebagai berikut:

  • Putri Ibnu Umar yang menikah dengan orang Quraisy sedang hamil. Ketika berpuasa di bulan Ramadhan, dia merasa kehausan. Kemudian Ibnu ‘Umar memerintahkan putrinya tersebut untuk berbuka dan memberi makan orang miskin bagi setiap hari yang ditinggalkan

Lalu apa kesimpulannya? Pasti banyak pembaca yang menginginkan ini muncul di tulisan kali ini. Jawaban kami, wallahu a’lam. Tapi kalau maksa, maka penulis memilih untuk cukup mengganti dengan membayar fidyah, itu aja cukup. Bukan mengganti atau mengqodo atau melakukan dua-duanya.

Demikian artikel tulisan kami tentang hukum puasa ramadhan bagi ibu menyusui dan ibu hamil, semoga tips ringan ini bermanfaat bagi pengunjung situs kami. Simak artikel kami tentang puasa lainnya yaitu olahraga saat puasa dan makanan buka puasa yang sehat, pembahasan ringan dan simpel.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit Secara Alami

+1 Share

Syaraf kejepit yaitu suatu keadaan dimana saraf tertekan oleh bagian yang ada di sekitarnya. Ciri syaraf kejepit yaitu kepala terasa seperti ditusuk-tusuk oleh jarum dan rasa sakit yang luar biasa sehingga bisa membuat seseorang mengalami mati rasa, kebas, dan penurunan sensasi untuk “merasa” pada daerah yang terdapat banyak sarafnya.

Ketika seseorang mengalami syaraf kejepit, maka tubuh akan merasakan nyeri serta ngilu yang berlebihan. Meskipun terlihat sepele, namun jangan meremehkan syaraf kejepit ini karena jika dibiarkan kerusakan syaraf akan semakin membesar dan bahaya syaraf kejepit yaitu komunikasi antara tubuh dan otak tidak akan berjalan dengan lancar.

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Syaraf Kejepit

Gejala Penyakit Syaraf Kejepit

Saat ini penderita syaraf kejepit semakin banyak dialami oleh orang-orang. Ada yang terkena penyakit syaraf kejepit karena jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk, dan masih banyak lagi penyebab dari penyakit syaraf kejepit. Sedangkan gejala dari penyakit syaraf kejepit yaitu mati rasa dan kebas terutama di daerah yang banyak syarafnya.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit Secara Alami

Gejala lain dari syaraf kejepit yaitu adanya sensasi sakit atau rasa nyeri seperti terbakar dan menjalar keluar, terasa seperti kesemutan pada kepala, otot menjadi semakin lemah, kaki dan tangan sering tidak mengalami rasa apa-apa, dan kepala terasa seperti ditusuk-tusuk oleh jarum sehingga penderita akan mengalami kesakitan.

Penyebab Penyakit Syaraf Kejepit

Penyebab saraf terjepit bisa disebabkan oleh beberapa daktor diantaranya adalah karena tubuh mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, pernah mengalami jatuh dan kepala terbentur dengan benda keras, pernah terkena pukulan yang keras, adanya faktor genetik atau faktor keturunan, pernah tertindih barang berat, mengangkat barang yang terlalu keras, faktor usia, dan aktivitas fisik seperti olahraga.

Jika penyebab saraf kejepit dibiarkan saja, maka bisa membahayakan tubuh dalam jangka waktu yang lama karena akan terus mengalami kesakitan dan jaringan lunak atau pelindung di sekitar saraf bisa pecah tanpa disadari oleh penderita. Hal tersebut dikarenakan adanya pembengkakan, tekanan ekstra, dan juga jaringan parut.

Apabila syaraf terjepit terjadi dalam waktu yang singkat, maka tidak ada kerusakan permanen pada saraf. Akan tetapi jika syaraf kejepit terjadi terus menerus tentu akan ada saraf yang rusak secara permanen sebab tekanan yang terus menerus terjadi. penyebab saraf terjepit Jika Anda menderita penyakit syaraf kejepit, maka sebaiknya harus segera ditangani.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit

Cara menyembuhkan syaraf kejepit bisa dilakukan dengan cara alami, sehingga penyembuhan syaraf kejepit tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Berbeda jika Anda mengonsumsi obat kimia, Anda akan merasakan efek samping dari obat tersebut.

Syaraf kejepit bisa sembuh total menggunakan berbagai cara alami asalkan Anda bisa rutin melakukan pengobatannya. Cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati syaraf kejepit yaitu dengan mengonsumsi kalsium, melakukan kompres panas atau dingin, dan bisa dengan melakukan teknik pijat.

Selain itu, Anda bisa memakai minyak esensial seperti minyak lavender, kamomil, cendana, peppermint atau marjoram, dan bisa juga menggunakan bidai untuk mengistirahatkan saraf yang cedera secara maksimal, dan lakukan istirahat yang cukup.

Cara di atas merupakan penyembuhan syaraf kejepit tanpa operasi. Akan tetapi jika dengan berbagai cara di atas belum sembuh, maka segera periksakan ke dokter dan jauhi pantangan syaraf kejepit yang sudah disarankan oleh dokter sehingga proses penyembuhan syaraf kejepit bisa dilakukan dengan hasil yang maksimal.

 

Inilah Beberapa Obat Aman untuk Atasi Sakit Sariawan pada Balita [Recommended]

+1 Share

Pasti anda merasa sedikit kebingungan ketika balita anda mengalami sariawan, sebab ketika balita mengalami sariawan pasti akan susah untuk makan. Dengan begitu tidak banyak asupan yang masuk pada si kecil ketika sariawan sedang menghantui, oleh karena itulah mengakibatkan berat badan turun dengan drastic.

mengobati sariawan pada balita

Biasanya si ibu akan berupaya untuk mengobati si kecil dengan berbagai macam cara, namun terkadang cara-cara yang ditempuhnya terkadang tidak membawa hasil yang maksimal.

obat sariawan balita

Baik untuk memberi solusi kepada anda sebagai ibu yang memiliki balita mari baca artikel ini sampai selesai, sebab dalam ulasan kali ini penulis akan menguraikan obat sariawan untuk balita secara alami, mungkin cara ini akan lebih tepat untuk meredakan sariawan si balita.

obat sariawan untuk balita

Sebelum kita mengetahui apa saja obat sariawan untuk balita alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu penyebab dari timbulnya sariawan pada balita ini, dengan begitu sebagai ibu dapat memilihkan obat sariawan yang tepat untuk balita anda.

Penyebab terjadinya sariawan pada balita:

1. Kondisi daya tahan tubuh yang menurun

Daya tahan tubuh yang menurun dapat mengakibatkan sariawan pada anak khususnya yang masih balita. Penurunan daya tahan tubuh ini disebabkan oleh beberapa factor di antaranya adalah:

penyebab sariawan pada balita

a. Karena factor cuaca.
b. Karena anak sedang sakit.
c. Nutrisi yang dikonsumsi kurang mengandung vitamin, khususnya vitamin c.
d. Pola makan yang tidak teratur.

Meningkatkan ketahanan tubuh pada anak merupakan salah satu usaha untuk menghindarkan anak dari penyakit sariawan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak dapat dilakukan dengan memberikan air putih yang cukup, sedang ramuan daun saga dan madu merupakan obat dari sariawan yang diderita si kecil.

2. Kebersihan mulut yang kurang terjaga.

sariawan balita

Menjaga kebersihan mulut sangat penting bagi balita, jika mulut tidak bersih maka akan menjadi tempatnya para bakteri dan juga kuman bersarang, selain dapat merusak gigi bakteri juga kuman ini juga akan menyebabkan sariawan bila dibiarkan begitu saja, oleh karena itulah biasakan anak untuk melakukan gosok gigi secara teratur supaya terhindar dari sariawan.

3. Kebiasaan jajan sembarangan.

Kebiasaan jajan memang sangat menyenangkan bagi si kecil, apalagi dengan berbagai bentuk jajanan anak kecil yang sangat bervarian membuat si balita menyukainya. Kebiasaan seperti itu juga dapat menimbulkan sariawan jika dibiarkan teerus menerus, karena tidak dijamin kebersihannya beserta kandungan nutrisi yang ada pada jajanan tersebut.

4. Faktor makanan dan minuman.

Faktor makanan memiliki peranan penting dalam memicu terjadinya sariawan, terutama pada makanan panas dan pedas membuat pemicu penyakit sariawan ini.

sariawan pada anak balita

Obat penyakit sariawan untuk balita:

1. Mengkonsumsi vitamin c, tak kurang dari 60 mg perhari, mengkonsumsi buah-buahan seperti: jeruk, delima, strupberi, tomat, pisang dan lain sebagainya. Untuk balita buatlah dalam bentuk jus atau bila dia sudah bisa mengunyah maka suapkan dalam bentuk buah segar.

sariawan pada balita
2. Madu. Untuk balita madu dapat dioleskan pada bagian yang terkena sariawan, hal itu difungsikan sebagai pemberi lembap pada bagian yang terkena sariawan supaya tidak kering dan sakit.
Nah demikian ulasan mengenai obat sakit sariawan pada balita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.