Menguruskan Badan Saat Puasa

Badan yang kurus memang menjadi harapan setiap orang, apalagi bagi sebagian kaum hawa. Karena penampilan fisik membuat makin pede, tentu agar pasangan tetap setia dengan isteri sahnya. Bukan untuk yang lain. He…

Badan kurus buat apa sih? Kan yang penting sehat? Ungkapan ini sebenarnya tidak tepat. Karena ciri penyakit itu, salah satunya adalah kelebihan berat badan. Sehingga menguruskan badan adalah salah satu cara yang bijak agar lebih sehat lagi dan lagi.

Bulan puasa bukan berarti kita tidak memperhatikan kesehatan. Karena tujuan puasa salah satunya adalah supaya kita sehat. Maka, tentu adalah suatu hal yang kurang tepat jika saat puasa kita tidak memperhatikan kesehatan. Bagaimana sih cara menguruskan badan saat puasa?

Artikel berikut ini akan mengupas tuntas habis tentang efek puasa yang bisa membuat Anda langsing, perut buncit pun sudah tinggal kenangan, gelambir di lingkat perut pun sudah dada babai. Penasaran kan? Baca yuk!

Menguruskan Badan Saat Puasa

Cara Simpel Menguruskan Badan Saat Puasa

Tips ini pernah kami tulis juga di makanan buka puasa yang sehat (klik), meski tidak berhubungan langsung, beberapa tips lebih lengkap ada disana. Hal pertama yang perlu kita garis bawahi, bahwa puasa itu merupakan perintah suci dalam Al Qur’an. Bahkan agama islam menempatkan sebagai rukun islam yang ke tiga. Sehingga hal pertama yang perlu kita benamkan dalam hati ketika puasa adalah untuk mencari ridho Allah.

Karena berapapa ulama berpendapat, amalan itu tergantung niatnya. Kalo puasa niatnya mau kurus, ya kita cuma dapat kurusnya aja, gak dapat pahala. Tetapi jika kita niatkan mencari ridho Allah Subhanahuwata’la, makan pahala insya Allah dapat, dan dapat bonus sehat juga, dapat bonus jadi kurus juga. enak kan?

Adapun kalau efeknya kita jadi makin sehat, akibatnya kita jadi kurus. Maka ini adalah bonus, yang tentu sangat menggembirakan ketika kita hidup di dunia. Kami tidak membahas masalah dari sisi agama disini, tapi dari sisi bonus ini aja. Badan jadi kurus ketika puasa.

Berbagai caranya salah satunya adalah dengan rajin berolah raga saat puasa. Tentu tidak sembarang olahraga, ada ketentuan tentang jenis olah raganya apa saja, kemudian waktu untuk berolahraga nya juga sudah diatur. Hal ini menurut pakar kesehatan modern yang sudah terbukti. Apa aja itu?

Trik Menguruskan Badan Saat Puasa Agar Perut Tidak Buncit & Penghilang Gelambir

  1. Berolah ragalah di waktu yang tepat. Pertama adalah olahraga di malam hari, hal ini karena olahraga cukup menguras energi. Pada malam hari, kita bisa bebas memilih olahrga apapun, bahkan sampe dehidrasi pun gak masalah, tinggal minum aja kan. Oiya trik lengkap mengenai olahraga saat puasa ada disini, baca aja. Lebih mendalam tapi simpel bahasannya.
  2. Selain di malam hari, kita bisa memilih aktivitas fisik ringan di waktu puasa. Waktu yang tepat adalah setelah sholat subuh dan menjelang buka puasa. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah yang jenis ringan ringan saja, misalnya treadmill, senam, jogging, lari pagi dll.
  3. Memilih menu makanan juga salah satu trik menguruskan badan saat puasa. Yang terpenting adalah tidak kalap ketika buka puasa, karena kalo kalap semua aja bisa dilahap. Sehingga percuma saja puasa kalo buka puasa yang dimakan gak karuan
  4. Pilihlah menu makanan yang tepat, pembatal puasa sangat dianjurkan makan buah kurma dan air putih. Begitu pula saat sahur.
  5. Makanlah sayur mayur dan buah buahan
  6. Mengkonsumsi protein rendah lemak juga salah satu tips agar puasa tetap kuat di siang hari.

Demikianlah artikel kami tentang tips menguruskan berat badan saat puasa. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca serta memberikan pahala bagi penulis, Amin.