Inilah Beberapa Obat Aman untuk Atasi Sakit Sariawan pada Balita [Recommended]

Pasti anda merasa sedikit kebingungan ketika balita anda mengalami sariawan, sebab ketika balita mengalami sariawan pasti akan susah untuk makan. Dengan begitu tidak banyak asupan yang masuk pada si kecil ketika sariawan sedang menghantui, oleh karena itulah mengakibatkan berat badan turun dengan drastic.

mengobati sariawan pada balita

Biasanya si ibu akan berupaya untuk mengobati si kecil dengan berbagai macam cara, namun terkadang cara-cara yang ditempuhnya terkadang tidak membawa hasil yang maksimal.

obat sariawan balita

Baik untuk memberi solusi kepada anda sebagai ibu yang memiliki balita mari baca artikel ini sampai selesai, sebab dalam ulasan kali ini penulis akan menguraikan obat sariawan untuk balita secara alami, mungkin cara ini akan lebih tepat untuk meredakan sariawan si balita.

obat sariawan untuk balita

Sebelum kita mengetahui apa saja obat sariawan untuk balita alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu penyebab dari timbulnya sariawan pada balita ini, dengan begitu sebagai ibu dapat memilihkan obat sariawan yang tepat untuk balita anda.

Penyebab terjadinya sariawan pada balita:

1. Kondisi daya tahan tubuh yang menurun

Daya tahan tubuh yang menurun dapat mengakibatkan sariawan pada anak khususnya yang masih balita. Penurunan daya tahan tubuh ini disebabkan oleh beberapa factor di antaranya adalah:

penyebab sariawan pada balita

a. Karena factor cuaca.
b. Karena anak sedang sakit.
c. Nutrisi yang dikonsumsi kurang mengandung vitamin, khususnya vitamin c.
d. Pola makan yang tidak teratur.

Meningkatkan ketahanan tubuh pada anak merupakan salah satu usaha untuk menghindarkan anak dari penyakit sariawan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak dapat dilakukan dengan memberikan air putih yang cukup, sedang ramuan daun saga dan madu merupakan obat dari sariawan yang diderita si kecil.

2. Kebersihan mulut yang kurang terjaga.

sariawan balita

Menjaga kebersihan mulut sangat penting bagi balita, jika mulut tidak bersih maka akan menjadi tempatnya para bakteri dan juga kuman bersarang, selain dapat merusak gigi bakteri juga kuman ini juga akan menyebabkan sariawan bila dibiarkan begitu saja, oleh karena itulah biasakan anak untuk melakukan gosok gigi secara teratur supaya terhindar dari sariawan.

3. Kebiasaan jajan sembarangan.

Kebiasaan jajan memang sangat menyenangkan bagi si kecil, apalagi dengan berbagai bentuk jajanan anak kecil yang sangat bervarian membuat si balita menyukainya. Kebiasaan seperti itu juga dapat menimbulkan sariawan jika dibiarkan teerus menerus, karena tidak dijamin kebersihannya beserta kandungan nutrisi yang ada pada jajanan tersebut.

4. Faktor makanan dan minuman.

Faktor makanan memiliki peranan penting dalam memicu terjadinya sariawan, terutama pada makanan panas dan pedas membuat pemicu penyakit sariawan ini.

sariawan pada anak balita

Obat penyakit sariawan untuk balita:

1. Mengkonsumsi vitamin c, tak kurang dari 60 mg perhari, mengkonsumsi buah-buahan seperti: jeruk, delima, strupberi, tomat, pisang dan lain sebagainya. Untuk balita buatlah dalam bentuk jus atau bila dia sudah bisa mengunyah maka suapkan dalam bentuk buah segar.

sariawan pada balita
2. Madu. Untuk balita madu dapat dioleskan pada bagian yang terkena sariawan, hal itu difungsikan sebagai pemberi lembap pada bagian yang terkena sariawan supaya tidak kering dan sakit.
Nah demikian ulasan mengenai obat sakit sariawan pada balita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *