Olahraga Saat Puasa (Panduan Lengkap)

Sebagian orang menganggap, puasa adalah sesuatu yang berat, meskipun hanya terbesit dalam hati, biasanya akan langsung padam dengan segudang manfaatnya. Dalam berbagai penemuan ilmiah di bidang kedokteran, banyak sekali jurnal yang menerangkan bahwa puasa itu menyehatkan. Simak artikel dibawah ini untuk fakta ilmiahnya.

Asal kata puasa berasal dari arab yaitu Shaum, bagi umat muslim melakukan ibadah shaum adalah kewajiban karena pada bulan ramadhan ada perintah dari Allah Subhanahuwata’ala untuk menjalankan rukun islam ketiga ini dengan kuat dan penuh keikhlasan.

olahraga saat puasa

Tips Olahraga Saat Puasa

  1. Lakukan olahrga di tempat yang sejuk, tidak terlalu panas
  2. Hindari melakukan aktivitas olahraga di saat sebelum tidur
  3. Olahraga bulan pasa sangat beraneka ragam.  Berikut pilihan yang bisa jadi referensi Anda untuk melakukan puasa adalah sebagai berikut:
    • Berenang
    • Berjalan santai
    • Treadmill
    • Yoga
    • Tai chi
    • Bersepeda
    • Bowling
    • Naik turun tangga
  4. Barengi dengan mengkonsumsi makanan yang tepat
  5. Minum cairan yang cukup saat malam hari untuk menghindari dehidrasi

Dengan dampak positif yang diberikan, olahraga rutin selama bulan puasa adalah baik bagi kesehatan. Namun, agar olahraga tidak mengganggu ibadah puasa kita, hal-hal ini perlu dipertimbangkan sebelum kita melakukan olahraga.

Sebelum berolahraga pastikan anda kuat secara fisik. Tips kuat puasa bisa juga dengan berolahraga juga, asal dilakukan sesuai dengan pola hidup sehat yang tepat. Nah kapan sih waktu yang tepat untuk olahraga? Berikut adalah pendapat dari dokter ahli langsung.

Ahli ini bernama dr. Saptawati Bardosono, beliau mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Hal ini tepat sekali, karena dalam ilmu kesehatan, setelah olahraga, asupan makanan yang masuk akan lebih efektif di serap oleh tubuh untuk dijadikan energi yang bagus.

Tipe olahraga yang perlu dilakukan apa saja? Beberapa ahli juga berpendapat ini tergantung kebiasaan kita saja. Kalau kita terbiasa olahraga senam atau lari pagi misalnya, maka lakukan olahraga tersebut dibulan puasa juga. Hal ini membuat fisik kita tidak kaget, hindari aktivitas yang tidak biasa kita lakukan di saat tidak puasa.

Ada beberapa pendapat yang tidak boleh dilakukan saat puasa salah satunya adalah olahraga, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena kita lihat sendiri banyak atlit muslim yang tetap bertanding di bulan puasa. Di sejarah, 17 agustus 1945 terjadi di bulan puasa. Perang badr di zaman nabi juga terjadi di bulan puasa.

Berenang Saat Puasa

Asal tidak berlebihan tidak mengapa kita berpuasa, lalu olahraga jenis apa yang dianjurkan ya. Bagaimana dengan berenang apakah tidak mengapa? Kita lihat dulu dari 2 sisi ya, pertama dari sisi agama, yang kedua dilihat dari sudut pandang kesehatan.

Apakah berenang membatalkan puasa? Jawaban dari ahli fiqih adalah tidak membatalkan. Kenapa karena, pertama kita tidak niat minum air. Unsur niat tidak ada ini sudah yang paling penting ya. Yang kedua, kita mesti tetap berusaha agar tidak keminum air, saya kira semua orang yang bisa berenang, sangat mudah melakukan ini. Keuali anda masih belum bisa berenang.

berenang saat puasa

Jika belum begitu bisa berenang, pilihannya adalah berenang disaat malam hari, bukan pas puasa. Hal ini adalah wujud kehati-hatian saja.

Puasa menyehatkan badan dan hati kita, selain diperintahkan oleh agama, banyak sekali penelitian yang menyebutkan menahan untuk tidak makan dan minum serta yang hal-hal yang membatalkan puasa dari pagi hingga petang dan diniatkan untuk mengharap ridho Allah Subhanahu wata’ala.

Diet di Bulan Ramadhan

Keuntungan puasa salah satunya adalah tubuh akan melakukan diet secara sehat. Mengurangi konsumsi secara berlebihan dengan tidak adanya asupan disiang hari adalah salah satu diet yang tepat dan bijak untuk kesehatan fisik dan psikis manusia.

Penelitian di  Universitas Sfax dan CHU Habib Bourguiba (Tunisia) menunjukkan bahwa aktivitas fisik memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh selama kita menjalankan ibadah puasa.

menurunkan berat badan saat puasa

Efek bagus akan hal ini terlihat dari parameter komposisi tubuh, hematologi, dan biokimia pada partisipan yang melakukan aktivitas olahraga mengalami perubahan yang lebih baik yaitu penurunan berat badan, persentase lemak tubuh berkurang, serta meningkatkan vitalitas tubuh.

Tips agar kuat puasanya adalah mengkonsumsi makanan yang tepat disaat berbuka puasa dan disaat makan sahur. Asupan glukosa pada tubuh harus efektif. Serta tidak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi protein seperti daging, telur dan ikan.

Diet saat bulan ramadhan bisa dilakukan sekalian melaksanakan kewajiban suci ini, usahakan niatkan tetap untuk menjalankan perintah agama, agar tidak merusak niat suci ini. Diet untuk kesehatan adalah efek positif yang kita dapatkan, bukan tujuan utama kita. Tujuan utama adalah mendapatkan ridho Allah subhanahu wata’ala.

Olahraga Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Menguruskan badan saat puasa dapat kita jalankan dengan waktu yang tepat misal di pagi hari, maka pilihlah olahraga yang tak begitu melelahkan seperti berjalan santai atau yoga. Sedangkan bila Anda berolahraga di sore hari, Anda bisa melakukan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi lagi, seperti berenang atau bersepeda.

Dengan tips sehat di bulan ramadhan ini, makan selain mendapatkan pahala (insya Alah), maka efek lain yang kita dapat adalah olahraga bisa menurunkan berat badan kita. Tentu kita juga perlu menjaga porsi makanan saat sahur, dengan cara mengkonsumsi secukupnya, tetapi sering. Dengan batasan tempo tertentu. Jadi tidak langsung sekaligus banyak.

Manfaat olahraga saat puasa sangat banyak sekali, meskipun aktivitas ini perlu persiapan yang cukup. Seperti waktu paling pas untuk olahraga, jenis olahraga yang akan kita lakukan sampai kegiatan sebelum dan setelah berolahraga yang perlu kita perhatikan agar manfaat terbaiknya dapat kita peroleh.

apakah puasa bisa menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Hal yang dilarang saat puasa adalah meniatkan puasa untuk memperoleh nikmat duniawi semata, padahal tujuan perintah ini adalah agar kita semakin taat kepada Allah. Sehingga jikga beranggapan puasa bisa menurunkan berat badan, jawabannya adalah iya, tapi jangan niat utama itu ya.

Tips kuat berpuasa dan agar bisa mengecilkan perut buncit adalah mengkonsumsi makanan yang tepat saat buka dan sahur. Hal ini juga salah satu tips mengurangi gelambir di perut.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa adalah berolah raga yang membahayakan karena sangat berat dan tidak dianjurkan misalnya sbb:

  • Senam aerobik
  • Jogging
  • Sepak bola
  • Tenis

Cara Menambah Berat Badan Saat Puasa

Apakah puasa bisa menurunkan berat badan? Jawabannya bisa dipastikan iya. Diet bulan ramadhan bisa kita jalankan sembari menjalan kan ibadah yan suci ini. Cara cepat menurunkan berat badan saat puasa adalah dengan melakukan trik sederhana sebagai berikut:

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot, hal ini juga membuat kita kuatmenahan lapar sepanjang hari. Sehingga kita bisa fresh dan energik di esok harinya.

Strategi makanan ketika sahur adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, fungsinya untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Cara ini efektif sekali untuk badan kuat dan tidak cepat lemas ketika beraktifitas dan berolah raga.

Dengan cara ini, turun berat badan saat puasa adalah suatu keniscayaan. Tapi akan sia-sia jika setelah puasa kita tidak mengontrol pola hidup kita. Puasa sambil diet adalah trik yang tepat, karena diet sambil puasa merupakan dambaan bagi ibu-ibu dan wanita yang ingin tampil menarik dihadapan suami atau pasangan sahnya.